Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Google
 
walkthroughmaster.blogspot.com

Jumat, 04 April 2008

Ragnarok Online part 3

>> UPGRADE SENJATA (Oleh Fansite Ragnafilia)
Kenapa kita melakukan upgrade senjata?
Melakukan Upgrade pada senjata bakal membuat senjata tersebut lebih kuat dengan menaikkan minimum dan maksimum damage dalam jumlah tertentu, tergantung pada level senjata dan berapa kali senjata diupgrade.

Apa sisi buruk dari upgrading?
Pada kenyataannya sama sekali tidak ada sisi buruk, jika kalian berhasil...(^^). Namun mengupgrade senjata bukanlah berarti tanpa resiko. Di idRO, senjata memiliki kemungkinan hancur saat di-upgrade melewati titik amannya. Jika senjata ini hancur, kalian bakal kehilangan senjata termasuk batu yang dipakai untuk upgrade beserta zeny. Kemungkinan senjata rusak sangat besar saat senjata sudah melampaui batas amannya.
Titik hijau adalah batas aman. Hal ini berarti senjata level 1 dapat di-upgrade sampai +7 tanpa kemungkinan rusak, dan kemungkinan gagalnya 0%.

Titik kuning menunjukkan batas dimana senjata masih dapat di-upgrade, TAPI hati-hati karena kemungkinan berhasilnya mengecil. Jika kalian beruntung, senjata masih bisa diupgrade.

Titik merah menandakan bahwa upgrade senjata ke point tersebut memiliki kemungkinan yang SANGAT kecil untuk berhasil. Jika kalian dapat meng-upgrade sampai pada batas tersebut, maka kalian merupakan orang yang sangat beruntung.

Untuk titik hitam, rasanya kalian mungkin sulit menemukan senjata seperti ini di seluruh Rune Midgard :)
Biaya yang dibutuhkan untuk upgrade, ditampilkan pada kolom 'Cost'. Dibutuhkan biaya 200z SETIAP KALI meng-upgrade senjata level 2. Biaya ini tidak termasuk dengan batu yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade. Phracon dijual dengan harga 200z, sedangkan Emveretarcon 1000z. Kedua logam ini dapat dibeli pada NPC di tempat upgrade senjata, tiap upgrade membutuhkan 1 logam. Biaya yang dibutuhkan untuk meng-upgrade senjata level 1 menjadi +7 adalah: (200 (Phracon) + 50 (biaya)) x 7 (level) = 1,750 zeny, sementara biaya upgrade senjata level 2 menjadi +6 adalah: (1000 (Emveretarcon) + 200 (biaya)) x 6 (level) = 7,200 zeny.

Untuk senjata level 3 dan 4, dibutuhkan Oridecon sebagai logam penempanya. Oridecon merupakan item rare yang bisa ditemukan atau dibuat dari 5 batuan dasar bernama Rough Oridecon, dan SETIAP Oridecon dihargai 80,000 - 100,000 zeny. Kalian hanya dapat mengupgradenya secara aman sampai pada level 4, karena untuk menuju titik berikutnya sangat beresiko.
Apa yang didapat dengan upgrade?
Dengan alasan sederhana, kekuatan senjata kamu bakal bertambah tinggi. Semakin tinggi tingkat upgradenya, semakin kuat senjata tersebut. Upgrade juga meningkatkan minimum dan maksimum damage suatu senjata. Point yang ada ditampilkan pada kolom ATK pada tabel sebelumnya. Untuk senjata level 1, +7 berarti menaikkan minimum dan maksimum damage menjadi (2 x 7) = 14 points, dan untuk senjata level 2, +6 bakal menambah 18 ekstra point untuk ATK.

Untuk alasan lainnya, kelihatan tidak rasional mengapa seseorang melakukan upgrade senjata level 2 jika kita dapat menggunakan senjata level 3 yang lebih kuat. Jawabannya sangat mudah. Pertama-tama, kita tahu bahwa Oridecon sangat mahal dan jarang, sehingga tidak mungkin pemain berlevel rendah memilikinya, dan karakter tersebut membutuhkan senjata yang kuat secepatnya. Yang kedua, senjata level 3 yang tidak di-upgrade ternyata lebih lemah dari senjata level 2 yang di-upgrade. Tsurugi mempunyai 150 ATK, tapi kenapa damage yang dilakukan pada musuh tertentu hanya 40, sementara +6 Ring Pommel Saber dapat melakukan damage lebih tinggi?

Sebab orang mengupgrade senjata adalah karena point tambahan yang diperoleh saat upgrade TIDAK MEMPEDULIKAN DEF musuh. Dengan kata lain, senjata upgrade menembus defense musuh. Tidak peduli seberapa tinggi DEF musuh, kalian dapat melakukan beberapa damage. Catatan: skill Weapon mastery juga menembus defense musuh. Untuk meng-upgrade armor, sepatu, mantel, dan perisai, dibutuhkan Elunium, dengan 2000 zeny setiap kali upgrade. Setiap upgrade bakal menambah Def sebanyak 1. Titik aman untuk upgrade armor adalah 5.

Apa yang seharusnya dilakukan?
Meng-upgrade senjata hanya dapat dilakukan NPC. Tidak ada pemain yang memiliki skill untuk melakukan upgrade senjata, dan tidak ada quest yang diperlukan untuk meng-upgrade senjata, sehingga jika seseorang menawarkan jasa upgrade senjata dengan harga yang keterlaluan tingginya, orang tersebut merupakan penipu.

Walaupun begitu ketergantungan kita terhadap orang lain masih bisa saja terjadi, karena karakter-karakter tersebut ada yang mengembangkan status LUK yang konon memberi banyak pengaruh pada keberhasilan upgrade pada batas-batas yang kurang aman. Karena kalo kalian pikir, darimana tingkat keberhasilan para Blacksmith dalam membuat senjata atau batu elemen? Untuk senjata level 1, setiap upgrade memerlukan biaya dasar 250z, untuk senjata level 2, 1200z. Sehingga tidak sulit untuk menghitung biaya yang diperlukan untuk upgrade.

Tapi ada resiko saat seseorang melakukan upgrade untuk kalian. Bisa saja pemain lain mengaku bahwa senjata tersebut rusak saat di-upgrade. Sebaiknya lakukan saja sendiri proses upgrade ini, kalian bakal mengeluarkan uang lebih sedikit dan tidak bakal terkena resiko penipuan. Ingatlah, semakin sedikit orang yang tertipu, semakin sedikit penipu yang ingin mencoba menipu.

Di Rune Midgard ada 4 tempat upgrade:

Alberta - Merchant Guild (bangunan sebelah kiri bawah), Ruang bagian atas
Morroc - Bangunan kiri bawah, basement
Payon - Armory (bangunan kiri atas), Ruang sebelah kiri
Prontera - Bangunan kanan bawah dari town square

Setiap tempat upgrade memiliki 3 NPC: 1 NPC bakal menjual Phracon dan Emveretarcon, 1 NPC bakal mengubah Rough Elunium menjadi Elunium dan Rough Oridecon menjadi Oridecon, dan NPC ketiga yang bakal melakukan upgrade. Phracon dapat dibeli dengan 200z dan Emvertarcon 1000z: karena kedua logam ini dibeli melalui percakapan, Discount Merchant tidak berlaku

0 komentar: