Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Google
 
walkthroughmaster.blogspot.com

Jumat, 04 April 2008

Ragnarok Online : News part 4

HOW TO BECOME A HUNTER
Orang yang akan membimbingmu ke Perkumpulan Hunter tersembunyi di hutan bambu (Bamboo Forest)(pay_fild10). Di perkumpulan Hunter, ciri-ciri orang yang harus kamu temui memiliki Falcon di sampingnya.

SKILL HUNTER
>> Skid Trap
Menggunakan perangkap (Trap) untuk membuat musuh terpeleset dan jatuh ke tanah. Level Skill mempengaruhi jarak dan mengurangi durasi.

>> Land Mine
Ini adalah perangkap (trap) umum yang bisa meledak dan memberi pukulan kepada musuh yang menginjaknya.Serangannya mengandung elemen tanah (Earth). Pada level 5 menghasilkan serangan 150%, dan durasinya makin berkurang.

>> Ankle Snare
Persyaratan: Skid Trap Level 1
Membuat perangkap (Trap) yang akan memblok musuh untuk berjalan ke depan apabila menginjaknya. Bila terperangkap lawan masih bisa menyerang tapi tidak bisa melakukan kemampuan seperti Sit/Stand/Teleport. Peningkatan level mempengaruhi durasi tertahannya musuh, membutuhkan 15 SP.

>> Flasher
Persyaratan: Skid Trap Lv1
Membuat perangkap (Trap) yang akan membutakan musuh dengan sinar cahaya yang sangat silau. Membutuhkan 20 SP.

>> Shockwave Trap
Persyaratan: Ankle Snare Lv1
Skill ini bisa menjadi mimpi buruk tergantung dari tipe lawan atau monsternya. Perangkap ini akan menghabiskan SP musuh. Di sisi lain skill ini membutuhkan banyak SP untuk menempatkan perangkapnya, jadi harus hati-hati saat menaruhnya. Peningkatan level berpengaruh terhadap durasi trap dan besarnya SP lawan yang terhisap.

>> Sandman
Memasang perangkap (Trap) yang akan menidurkan musuh. Tapi kalo kamu tembak ya musuh bangun juga.

>> Freezing Trap
Persyaratan: Flasher Lv1
Memasang perangkap yang akan menge-luarkan 'Frost Nova' bila musuh menginjaknya. Ini akan memberikan serangan kepada lawan dan mungkin akan membekukannya pada saat yang sama. Membutuhkan 20 SP.

>> Blast Mine
Persyaratan: Sandman Lv1 / Freezing Trap Lv1 / Land Mine Lv1
Setelah dipasang, akan segera meledak dan menimbulkan 'Fire Storm' sekitar 9 kotak. Dan tentu saja akan memberikan serangan elemen api pada musuh. Membutuhkan 10 SP.
>> Claymore Trap
Persyaratan: Blast Mine Lv1 / Shockwave Trap Lv1
Memasang perangkap yang akan memberikan ledakan yang hebat sekitar 25 kotak. Juga memberikan serangan elemen api. Membutuhkan 15 SP

>> Remove Trap
Persyaratan: Land Mine Lv1
Memindahkan perangkap, juga bisa mendapatkan barang 'Trap'. Tapi dalam melepaskan karakter dari Ankle Snare lawan, tidak mungkin bisa mendapatkan barang 'Trap'. Membutuhkan 5 SP.

>> Beast Bane
Meningkatkan serangan terhadap monster jenis brutal. Pada level 10 serangan yang diterima target bertambah +30

>> Falconry Mastery
Persyaratan: Beast Bane Lv1
Mengijinkan kamu untuk menyewa Falcon dari Perkumpulan Hunter.

>> Blitz Beat
Persyaratan: Beast Bane Lv1
Bisa menyuruh Falcon untuk menyerang musuh. Jarak serang Falcon adalah 3+(jarak dari skill Vulture's Eye). Skill ini nggak langsung mengena dan membutuhkan kemungkinan berhasil dari perhitungan (LUK/1000), jadi Falcon ini dapat menyerang musuh tanpa perintah atau tanpa memperhatikan Level skillnya. Jadi, tidak menghabiskan SP dan juga jumlah Blownya tergantung dari Job Level karakter.
Level. 1 ~ Level.10 Level 1 Blitz Beat
Level. 11 ~ Level.20 Level 2 Blitz Beat
Level. 21 ~ Level.30 Level 3 Blitz Beat
Level. 31 ~ Level.40 Level 4 Blitz Beat
Level. 41 ~ Level.50 Level 5 Blitz Beat

Asiknya skill ini, berbagai jenis elemen yang ada di monster sama sekali tidak berpengaruh, sehingga damage yang dihasilkan selalu stabil.

>> Steel Crow
Persyaratan: Beast Bane Lv5
Meningkatkan daya serang Falcon. Pada level 10 daya serang yang dihasilkan +30

>> Detect
Persyaratan: Improve Concentration Lv1 (Archer) / Falconry Mastery Lv1
Bisa menyuruh Falcon untuk menemukan perangkap yang ada di sekitarnya.

>> Spring Trap
Persyaratan: Falconry Mastery Lv1 / Remove Trap Lv1
Bisa menyuruh Falcon untuk menghancurkan perangkap dari jarak jauh. Membutuhkan 10 SP

BUILD STATUS HUNTER (Oleh ImHere)
Pengembangan status Hunter bisa dibilang cukup berat, karena status yang mesti dikembangkan Hunter ada banyak, yaitu AGI, INT, DEX, dan LUK. Memang sih, status bertarung jarak dekat seperti VIT dan STR nggak diperluin. Namun penyebaran antara keempat status ini mesti merata, beda dengan Wizard yang lebih fokus pada INT dan DEX. Tapi kalo kamu adalah Hunter yang bener-bener ingin memanfaatkan sub karaktermu, si Falcon, maka status LUK wajib kamu utamakan (99). Karena dengan ini, tingkat kecerdikan burung mautmu bakal lebih tinggi, sehingga bila kamu menyerang musuh burung ini bakal terus-terusan membantumu tanpa disuruh.

Karena status ini udah mentok, maka sisanya kamu tinggal menyeimbangkan antara AGI, INT, dan DEX. Meningkatkan AGI mempengaruhi kelincahan karaktermu, ingat kan kalo ada beberapa musuh yang gesit dalam bergerak seperti Wanderer? Tapi tanpa DEX, walaupun si burung tetap menyerang, tetap aja kamu membutuhkan akurasi dalam menembakan panah supaya panahmu nggak mubazir. Menurut kebanyakan Hunter, DEX 40 cukup minimal. Nah, kalo INT, efeknya ini bukan jumlah SP yang semakin membesar saja. Bagi Hunter, status ini penting untuk meningkatkan damage yang dihasilkan falcon. Jadi bisa kebayangkan masing-masing fungsi statusnya? Kalo mau seimbang, coba deh status ini: LUK 99, DEX 50, INT 50, dan AGI 50 (Base level 99).

Namun kalo kamu lebih mengutamakan kelincahan burung dan ketepatan panah, kamu bisa aja menjajal LUK 99 dan DEX (90>>), dengan catatan panah elemen di sini sedikit mengambil peran karena kamu nggak bisa kabur dari musuh dengan AGI rendah. Atau mau yang lebih menantang? Jajal LUK 99, DEX 35, INT 90, dengan ini kamu mengutamakan pada kekuatan dan kelincahan falcon saja. Banyak koq variasi dan keuntungan Hunter-Hunter ini, dan kamu sendiri yang harus menentukan.

Hunter rata-rata masih memanfaatkan skill pada profesi 1, karena di profesi Hunter kegunaan skill nyaris nggak efektif. Skill-skill seperti: double strafe (10), owl's eye (10), vulture's eye (10), improve concentration (10), masih mengambil peran penting pada Hunter. Lalu skill yang efektif digunakan Hunter apa? Biasanya, Hunter hanya membutuhkan Ankle Snare (5), BlitzBeat (5) untuk hidup mandiri di Rune Midgard. Sisanya, hanya diperlukan untuk mendukung kedua skill itu (seperti Steel Crow, Beast Bane, Falcony Master, dan Skid Trap). Skill-skill lain, kebanyakan berguna untuk situasi tertentu seperti PvP, atau dikepung musuh (coba, deh, pake Claymore Trap, karena damage yang dihasilkan trap bakal berlipat ganda sesuai jumlah monster yang menyerbu).
>> BLACKSMITH
Profesi 2 dari Merchant. Blacksmith mengetahui segalanya tentang senjata. Bahkan mereka bisa menciptakan Metal yang unik dengan beberapa material dasar.

HOW TO BECOME A BLACKSMITH
Pemain bisa menjadi Blacksmith di dalam Bengkel di Geffen (arah jam 4). Bisa dibilang bahwa keuntungan jadi Blacksmith adalah bisa membuat senjata sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat senjata, mungkin bisa membuat senjata berelemen dengan 4 jenis batu (Enchanted stone). Senjata yang berelemen akan mengakibatkan serangan yang hebat kepada musuh yang elemennya berlawanan. Tapi senjata-senjata tersebut tidak boleh diisi dengan 2 elemen. Maka dari itu, Blacksmith bisa menjadi karakter yang paling menarik di RO dilihat dari kemampuannya yang variatif seperti membuat senjata, skill menyerang, dan skill memperbaiki senjata. Bahkan Blacksmith juga tetap memiliki kemampuan Merchant, jadi tetap bisa dagang.

BLACKSMITH SKILL
>> Iron Tempering
Bisa menempa Iron. Level Skill berpengaruh terhadap kemungkinan berhasil. Pada level 5 kemungkinan berhasil menjadi 50%.

>> Steel Tempering
Persyaratan: Iron Tempering Level 1
Bisa menempa Steel. Level skill ber-pengaruh terhadap kemungkinan berhasil. Pada level 5 kemungkinan berhasil menjadi 35%.

>> Enchanted Stone Craft
Persyaratan: Iron Tempering Lv1
Bisa menciptakan 'Enchanted Stones'. Level Skill berpengaruh terhadap kemungkinan berhasil. Pada level 5 kemungkinan berhasil menjadi 35%.
Level. 1 Kemungkinan: 15%
Level. 2 Kemungkinan: 20%
Level. 3 Kemungkinan: 25%
Level. 4 Kemungkinan: 30%
Level. 5 Kemungkinan: 35%

>> Research Oridecon
Persyaratan: Enchanted Stone Craft Lv1
Bisa memodifikasi senjata Level 3 menggunakan Oridecon. Level Skill berpenga-ruh terhadap kemungkian berhasil. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Dagger
Skill dasar dalam pembuatan senjata. Bisa memodifikasi senjata kelas Dagger. Level Skill berpengaruh terhadap kemungkinan berhasil. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Sword
Persyaratan: Smith Dagger Lv1
Bisa memodifikasi One-Handed Sword. Level Skill berpengaruh terhadap kemungkinan berhasil. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Brass Knuckle
Persyaratan: Smith Dagger Lv1
Bisa memodifikasi senjata kelas Knuckle. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Spear
Persyaratan: Smith Dagger Lv2
Bisa memodifikasi senjata kelas Spear. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Two-Handed Sword
Persyaratan: Smith Sword Lv1
Bisa memodifikasi senjata kelas Two-Handed. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Axe
Persyaratan: Smith Sword Lv2
Bisa memodifikasi senjata kelas Axe. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Smith Mace
Persyaratan: Smith Brass Knuckle Lv1
membuat senjata sendiri. Ada beberapa cara untuk membuat senjata, mungkin bisa membuat senjata berelemen dengan 4 jenis batu (Enchanted stone). Senjata yang berelemen akan mengakibatkan serangan yang hebat kepada musuh yang elemennya berlawanan. Tapi senjata-senjata tersebut tidak boleh diisi dengan 2 elemen. Maka dari itu, Blacksmith bisa menjadi karakter yang paling menarik di RO dilihat dari kemampuannya yang variatif seperti membuat senjata, skill menyerang, dan skill memperbaiki senjata. Bahkan Blacksmith juga tetap memiliki kemampuan Merchant, jadi tetap bisa dagang.

>> Enchanted Stone Craft
Persyaratan: Iron Tempering Lv1
Bisa memodifikasi senjata kelas Mace. Pada level 3 kemungkinan berhasil menjadi 30%

>> Hilt Binding
Memegang perlengkapan senjata dengan mantap, mencegah jatuhnya (drop) barang sebagai Death Penalty (berguna buat PvP).

>> Ore Discovery
Persyaratan: Hilt Binding / Steel Tempering Lv1
Meningkatkan kemungkinan mendapatkan 'Ore' dari monster ketika membunuhnya. Dipengaruhi oleh sistem 'Anti-Loot' (anti maling).

>> Weaponry Research
Persyaratan: Hilt Binding
Meningkatkan kemampuan senjata agar bisa membantu dalam pertarungan dan pembuatan barang. Meningkatkan akurasi, kekuatan serangan, dan keberhasilan dalam pembuatan barang.

>> Repair Weapon
Persyaratan: Weaponry Research
Memperbaiki senjata , harus mempunyai 'Anvil' dan 'Steel Hammer'. Mengkonsumsi 5 SP selalu dan 1 Steel selalu.

>> Skin Tempering
Menangkal serangan elemen api.

>> Hammerfall
Menggetarkan area yang luas sekitar 25 kotak dengan Great Hammer dari dewa untuk membuat gempa bumi. Akan membuat musuh 'stun' jadi mereka tidak bisa apa-apa selama beberapa saat. Tapi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan senjata kelas Gada/Kapak. Mengkonsumsi SP 10

>> Adrenaline Rush
Persyaratan: Hammerfall Lv2
Meningkatkan kecepatan menyerang dari senjata kelas Axe/Mace. Juga berlaku bagi ang-gota grup (party), jadi mereka bisa mendapatkan efek yang sama dari yang menggunakan skill ini. Pada level durasi efek selama 50 detik dan SP yang dibutuhkan mengecil hingga 15.

>> Weapon Perfection
Persyaratan: Adrenaline Rush Lv2 / Weaponry Research Lv2
Bisa melakukan serangan sempurna (100%) bukan Critical lo ke setiap monster berukuran apa saja dalam durasi tertentu. Kenaikan level memperlama durasi efek dan memperkecil konsumsi SP.

>> Power Thrust
Persyaratan: Adrenaline Rush Lv3
Meningkatkan serangan senjata dan akan beresiko senjata tersebut akan rusak. Anggota grup juga akan terkena efeknya untuk senjata kelas Gada / Kapak.

>> Maximize Power
Mendorong kemampuan senjata untuk menyerang musuh hingga maksimum. Akan mengkon-sumsi SP secara terus-menerus selama skill aktif. Skill akan berhenti jika SP habis. Mirip dengan 'Serangan Kritikal' tapi damagenya dipengaruhi DEF lawan.

BUILD STATUS BLACKSMITH (Oleh Specialist, sodaralembing)
Well, pengembangan status Blacksmith (BS) bergantung sama peran yang akan dipilih nanti. Apakah kamu mau menjadi Battlesmith atau menjadi Forgesmith? Perbedaan peran kedua jenis BS memiliki keuntungan maupun kerugian, tapi untuk menyeimbangkannya kamu juga bisa bikin hybrid antara keduanya, koq. Dan mereka dikenal sebagai Battle-Forger.

Keunggulan Battlesmith, tentu saja dengan pengembangan status perang (STR, VIT, AGI, dan DEX) dia lebih jago hunt musuh ketimbang Forgesmith. Tapi kalo Forgesmith, dengan pengembangan status hanya DEX dan LUK, kemampuan mereka membuat senjata elemen nggak ada tandingannya. Dan senjata elemen ini, coba cari deh di RO nggak ada tuh yang harganya cuman 5000zeny. Total pendapatan yang bisa didapat oleh Forgesmith hanya dengan berdagang jauh melebihi apa yang didapat Battlesmith dari hunt. Nggak enaknya, menjadi Forgesmith sangat bergantung sama pertolongan grup pas sedang hunt untuk meningkatkan level, dan Battlesmith jarang banget melakukan itu.

Battlesmith memiliki beberapa jenis pengembangan yang sama dengan Knight, yaitu AGI BS, dan VIT BS. Perbedaan antara VIT dan AGI nyaris sama, yaitu soal ketahanan dan kecepatan serang. Namun pengembangan statusnya mungkin di sini rada berbeda dengan Knight (tentu saja). Kalo AGI BS, kamu nggak perlu mengembangkan AGI hingga mentok (99), karena selain buang-buang poin status, kecepatan dan kekuatan BS mesti seimbang karena BS nggak secepat Assassin dan nggak sekuat Knight.

Makanya AGI 90, STR 50, DEX 40, dan VIT 50 adalah status yang seimbang bagi BS AGI, karena BS AGI mengutamakan pada kecepatan serang yang ditingkatkan juga oleh skill Adrenalin Rush. Memang di sini kamu tetap manambahkan VIT, untuk sumber pertahanan BS AGI. Tapi kalo nekat bisa juga mengembangkan STR (90) dan melupakan VIT (1), biasanya kamu bakal butuh red pot yang banyak dan catatan senjatamu adalah senjata berelemen.

Begitu memilih VIT BS, karena tau kamu bakalan mengandalkan ketahanan, maka kecepatan gerakmu nggak terlalu difokuskan. Makanya, status STR 90 VIT 90 dan DEX 40 lebih baik. Enaknya VIT BS, jumlah Hpnya cukup tinggi dan karena otomatis pertahanan naik, maka damage yang diterima pun rada seimbang. Untuk percepatan pukulan pun masih bisa bergantung sama skill Adrenalin Rush. Lalu skill antara VIT BS dan AGI BS yang mesti dikembangkan rata-rata adalah sama, yaitu:
Hilt Binding 1
Weaponry Research 10
Hammer Fall 5
Adrenaline Rush 5
Weapon Perfection 5
Power Thrust 5
Repair Weapon 1
Maximize Power 5
Steel Tempering 1
Ore Discovery 1 (Jangan lupa juga skill Merchant ini ya?)
Mammonite 10
Enlarge Weight Limit 10
Push Cart 10

Kalo Battle Forger, pengembangannya rada rumit, karena kamu mesti mempertimbangkan keseimbangan status DEX dan LUK, juga keseimbangannya antara status forger dan status battle. Di sini tampaknya kamu butuh pertahanan lebih, jadi AGI nggak perlu ditingkatkan. Sekarang kamu bisa tingkatkan STR, VIT, DEX, dan LUK. Proporsi antara status forger dan battle pun kamu tentukan sendiri sesuai peran. Kalo jadi Battle Forger, mungkin status STR 80, VIT 50, DEX 70, dan LUK 60 cukup seimbang. Berbeda dengan Forgesmith yang jelas meningkatkan DEX dan LUK dari awal. Skill Battle Forger pun juga perlu banyak pertimbangan. Untuk pembuatan senjatanya, ada baiknya kamu menganalisa kebutuhan pasar dulu, jadi nggak langsung semua skill bikin barang kamu tingkatkan. Hal itu dikarenakan kamu mesti meningkatkan skill Battle yang esensial seperti Adrenalin Rush, Power Thrust, dan Weapon Perfection. Jadi kamu mesti bijaksana dalam hal ini.
www.cyrosella.com

0 komentar: