Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger

Google
 
walkthroughmaster.blogspot.com

Jumat, 04 April 2008

Ragnarok Online part 1

Selain membonuskan guide dalam bentuk CD, nyatanya strategi game Ragnarok Online nggak ada habis-habisnya. Strategi yang HG buat ini berdasarkan rangkuman dari beberapa sumber informasi ataupun ROMania yang dengan senang hati membantu HG. Mereka yang membantu maupun HG sama-sama ingin menciptakan suatu panduan yang OK sehingga komunitas RO yang selama ini sudah baik tetap terjaga. Terima kasih bagi mereka yang telah membantu HG sehingga terciptanya guide kedua Ragnarok Online. Hanya untuk kalian gamer pinter! (bas)
>> PETUNJUK MEMBUAT JUICE
1. Pastikan kamu memiliki sepotong daging di dalam inventory, pergilah ke lantai 2 hotel (inn) di Prontera (di belakang rumah penempa). Naik tangga lalu ke sebelah kiri dan bicara dengan Morrison. Kamu bakal diberi pilihan untuk menunjukan sepotong daging yang kamu miliki, kalo dia menanyakan itu, pilih untuk mengacuhkannya.

2. Berikutnya bicara dengan Marianne (Ibu Morrison), dia akan berbicara tentang pembuat jus di Morroc atau Payon.

3. Pergilah ke Payon dan bicara dengan Marx Hansen (dalam rumah yang ada 3 orang gadis), dia akan menanyakan kamu untuk segera memproses buah-buahnya, pilih Ya. Berikutnya, dia akan menanyakan jus buah yang kamu mau, sebelum itu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Setelah itu dia akan menanyakan kamu berapa banyak jus yang mau kamu buat, kamu tentukan jumlah yang kamu inginkan

>> PETUNJUK MEMBUAT DYE (CAT RAMBUT)
Membuat Couteragent dan Mixture
1. Pastikan kamu memiliki Alcohol, Detrimindexta dan Karvodailnirol di dalam inventory kamu. Pertama-tama kamu harus pergi ke lantai 2 hotel di Alberta (Gedung di kanan atas), cari pintu ke-2 dan bicaralah dengan Louitz. Akan muncul pilihan dari solusi pembicaraan, klik disitu dan baca apa saja yang dia katakan.

2. Berikutnya kamu harus pergi ke Geffen, disana kamu akan melihat NPC di gerbang masuk sebelah timur dekat pohon namanya Aure Dupon, bicaralah padanya. Akan muncul untuk menanyakan tentang Morgenstein, klik disitu dan baca apa saja yang dia katakan.

3. Sekarang, pergilah ke lantai 2 dari Blacksmith Building di Geffen, bicaralah dengan Morgenstein. Akan muncul pilihan untuk menanyakan mengenai penelitiannya, dia akan berbicara sedikit lalu pembicaraan selesai. Bicara lagi maka akan muncul pilihan untuk memintanya membuatkan satu untukmu, klik disitu. Tak lama kemudian, akan muncul pilihan dari bahan dasar yang akan dibuat, pilih yang mau kamu buat dan pastikan kamu memiliki semua barang yang dibutuhkan. Klik make dan dia akan membuatnya.

Membuat Dye
Pastikan kamu sudah memilki barang-barang yang dibutuhkan untuk membuat Dye. Pergilah ke sebuah bangunan di pojok kanan Morroc, pergi ke ruangan di sebelah kanan dan bicaralah dengan Java Dullihan, akan muncul pilihan untuk membuat Dyestuff, klik disitu. Berikutnya pilih warna dari Dye yang akan kamu buat, klik lagi di pilihan untuk membuat Dyestuff, dan sekarang kamu harusnya sudah berhasil memiliki Dye.

>> HOW TO MAKE MONEY
Banyak cara mendapatkan uang selain mendapatkan barang rare dari hunt ato berdagang kebutuhan hunt bagi merchant dan blacksmith. Namun semua itu harus kamu lakukan dengan tingkat kesabaran yang tinggi, karena bila kamu udah memutuskan untuk make money, maka kebutuhan utama yang lain seperti meningkatkan level bakal terbengkalai. Apalagi, dengan berjalannya masa komersil tentunya kamu juga mesti mikir kapan waktu yang tepat untuk make money dan kapan waktu yang tepat untuk hunt, sayang duit men, untuk bayar voucher-nya dan juga untuk bayar gamecenter-nya. Ada baiknya kalo mau hunt kalian janjian dulu dengan teman se-guild atau segrup sehingga di saat kekosongan itu kamu bisa meluangkan waktu untuk make money. Nah, berikut HG berikan beberapa tips sekaligus kekurangan dan kelebihan masing-masing metode.


 Berharap Pada Blue
Bukan, bukan boys band dari Inggris itu. Tapi blue di sini adalah blue herb. Dalam RO, banyak sekali jenis herb dengan berbagai fungsinya. Tapi dari semua itu, ternyata blue herb memiliki nilai jual yang tinggi loh! Blue herb memiliki nilai jual yang tinggi karena beberapa hal, salah satu diantaranya adalah item ini sangat jarang didrop monster, hanya Blue plant yang tingkat dropnya tinggi. Blue plant ini di dunia Rune Midgard biasanya mengelompok di beberapa titik di dunia. Blue herb baru memiliki nilai jual begitu kamu olah menjadi Blue pot di Alberta, item ini berfungsi untuk meningkatkan SP karakter yang notabene nggak ada NPC mana pun yang menjual benda ini. Ada beberapa titik pengelompokan blue plant di dunia Rune Midgard, di antaranya:

Di ladang Orc (Gef_fild10)
Blue plant mengelompok di sudut kanan bawah peta, atau tepatnya di belakang kemah Orc. Di tempat ini nongol 3 Blue plant dengan spawn time (waktu pemunculan kembali) sekitar 15 menit. Selama 15 menit itu, kamu bisa aja hunt keluarga Orc, tapi hati-hati, kadang MVP Orc Hero suka berkeliaran dan pada saat itu sebaiknya kamu lupakan tempat ini. Karena kamu mesti kabuuuuuur..

Kelebihan spot ini:
Blue herb yang nongol lebih sedikit, tapi kamu bisa meningkatkan EXP lebih gede dengan hunt Orc selama menunggu Blue plant nongol lagi.

Kekurangan spot ini:
Terlalu berbahaya, karena bisa aja kamu dikepung banyak Orc (terutama Orc Lady), atau ditendang sama Orc Hero (^_^).

Di Ladang Goblin (Gef_fild02)
Nah, kalo di sini Blue plant nongol di tengah-tengah peta, atau tepatnya di pusat persimpangan semua jalur ulat di ladang goblin. Di situ, ada pulau kecil yang dikelilingi danau. Di sini lah, 4 Blue plant nongol sekitar 10 menit. Walaupun goblin di sini sering muncul, tapi dibandingkan Orc, Goblin jauh lebih mudah. Dan lagipula di sini nggak ada monster jenis MVP.

Kelebihan spot ini:
Blue plant yang nongol sangat banyak, apalagi di dekat pulau itu ada satu tanaman lagi yang sangat berguna untukmu, yaitu Shining plant. Tanaman jenis ini tingkat spawn time sangat lama, tapi lumayan lah sementara kamu menunggu Blue plant sambil hunt goblin kamu juga bisa mampir ke tempat itu.

Kekurangan spot ini:
Karena muncul 4 Blue plant, tempat ini sangat favorit, sehingga seringkali kamu bertemu karakter lain yang nongkrong di situ. Kadangkala, kamu mesti berebutan.

Di Pulau Terapung (Mjolnir_01)
Tidak ada tempat terindah selain di pulau terapung di pegunungan Mjolnir, dan di sini pula kamu menemukan kumpulan Blue plant yang spawn time sekitar 10-15 menit. Enaknya tempat ini, selain indah, kamu juga nggak berhadapan dengan monster yang agresif, sehingga proses pengumpulan Blue herb rada amaaaaan...

Kelebihan spot ini:
Blue plant nya banyak, ada 4, dan kadang-kadang yang muncul juga Shining plant. Kalo kamu ingin menunggu, kamu bisa hunt monster yang cere-cere seperti Creamy. Pas untuk mereka yang masih berlevel rendah.

Kekurangan spot ini:
Blue plant nongol dalam keadaan random. Masalahnya, spawn tanaman ini nggak selalu berada di pulau terapung. Kadangkala, dia nongol di jembatan bagian bawahnya sehingga kamu rada kerepotan karena harus bolak-balik naik turun batu apung. Capeeeek..

Mengolah Blue herb di Alberta
Kalo kamu udah mengumpulkan Blue herb. Sebelum membawanya ke Alberta untuk diolah menjadi blue pot, kamu mesti menyediakan Empty bottle. Item ini berguna sebagai wadah untuk larutan dari ekstrak Blue herb. Item ini cukup mudah didapat, karena beberapa monster seperti Thara Frog selalu mendrop Empty bottle. Tapi kalo kamu males nyarinya, cukup nongkrong aja di depan pintu kota, terus buka kolom Chatting (Alt+C) dan ketik seperti misalnya "Beli Empty bottle @50zeny", dijamin para karakter yang masi Novice pada berebut memberikan barang yang kamu butuhkan untuk ditukarkan dengan uang.

Empty bottle yang dibutuhkan harus menyesuaikan dengan jumlah Blue pot yang kamu buat. Di Alberta nanti, kamu bakal diberi informasi oleh NPC (Non Player Character) bahwa untuk membuat Blue pot diperlukan 2 Blue herb plus 1 Empty bottle. Jadi kamu mesti menyediakan sejumlah botol sebesar X/2 (di mana X adalah jumlah Blue herb yang kamu miliki). Setelah itu, kamu membuat Blue pot dari Blue herb + Empty bottle. Kalo udah jadi semua, setelah ini terserah kamu, apakah kamu akan menggunakan Blue pot itu untuk kepentingan hunt atau dijual. Karena HG menjelaskan mengenai cara make money, maka asumsi kegiatan yang dilakukan adalah menjualnya. Kamu nggak perlu repot-repot menjual barang ini ke user lain, karena dengan sendirinya harga Blue pot udah cukup mahal di NPC. Coba aja cek berapa zeny untuk satu Blue pot yang dijual?
 Mr. Smile...Mr.Smile!!!
Sejak patch Comodo aktif, ada fitur baru yang ditawarkan ROIndo, dan fitur itu adalah Mr. Smile. Menurut ROIndo-nya sih keberadaan Mr. Smile adalah supaya user selalu mengisi hari-hari dengan senyuman kalo melihat perlengkapan muka ini. Karena selain berguna untuk meningkatkan Deffense, Mr. Smile juga lucu dilihat karena menebar senyum pada topengnya. Tapi dibalik itu, ternyata Mr. Smile berpotensi memberikan dana bagi keperluanmu, loh. Apalagi, cara untuk mendapatkan benda ini jauh lebih mudah daripada mengumpulkan Blue herb.

Mendapatkan Mr.Smile sama dengan cara mendapatkan berbagai headgear di RO sebelumnya. Kamu harus menemui NPC bernama Mr.Smile yang tersebar di tiap kota, lalu memenuhi quest yang ditawarkan dengan berusaha mencari 10 jelopy, 10 fluff, dan 10 clover untuk ditukarkan dengan 1 topeng Mr.Smile. Hmmm, kalo kalian pikir, ketiga jenis item itu didapat dari mana ya? Yap, kamu benar, item-item tersebut di-drop oleh monster-monster yang notabene sangat mudah untuk kamu kalahkan. Mereka adalah: Poring, Fabre, dan Lunatic. Asal kamu telaten, dan bisa juga mengumpulkan dengan cara membeli dari Novice-Novice yang berkeliaran, maka kamu bakal mendapatkan puluhan bahkan ratusan ketiga jenis item itu.

Nah, kalo kamu udah mendapat jumlah yang cukup untuk ketiga jenis item tersebut (misalnya, masing-masing ada 100). Bawa deh ke Mr.Smile untuk ditukar dengan topeng Mr.Smile. Anggap aja kamu mendapat 10 topeng Mr.Smile, lalu coba kamu langsung jual Mr.Smile-mu ke NPC terdekat. Lihat aja hasil yang kamu dapatkan, minimal kamu mendapat 40 ribu zeny untuk 10 Mr.Smile. Lumayan bukan? Nggak terlalu repot, tapi hanya membutuhkan ketelatenan.

 Berbisnis di RO (oleh Specialist)
Keunggulan game online dibandingkan game offline sangat banyak, di antaranya dunia game online bisa menyesuaikan dunia kenyataan, begitu pula ekonomi dalam gamenya. Di Ragnarok Online kamu pun juga mengenal istilah perekonomian "bisnis". Dan proses yang dilakukannya pun lebih variatif dari sekedar mendapatkan barang dari bertualang lalu menjualnya ke pedagang NPC, kayak di game-game RPG offline seperti Final Fantasy. Di Ragnarok Online, keutamaan komunitas bisa juga dimanfaatkan untuk bertransaksi sesama user, sehingga proses pemutaran uang menjadi lebih nyata. Sayangnya, yang bisa melakukan proses ini cuma kelas Merchant/Blacksmith. Karena karakter ini memiliki berbagai keahlian untuk menjual dan menempa barang, yang dalam hal ini sangat penting untuk dimiliki.

Dibandingkan dua kegiatan di atas, kegiatan bisnis ini memiliki keunggulan yang lebih baik. Karena uang yang didapat jauh lebih besar, tapi resiko kerugiannya pun juga besar. Kegiatan yang perlu dilakukan akan diuraikan di bawah ini, tapi sebelum itu ada satu hal yang HG tekankan sebelum kamu melakukannya dan ini HG kutip dari salah satu karakter Forge Smith di Loki, Specialist. Menurutnya, kegiatan yang kamu lakukan walaupun sering menemui kegagalan anggaplah sebagai suatu hal yang biasa, tapi yang penting semua itu dilandasi oleh kejujuran. Oke, bagaimana? Udah siap melakukan kegiatan ini? Lanjuttttt...

Jual Beli Iron
Untuk dasarnya, Blacksmith biasanya bakal menjual-belikan Iron. Iron adalah bahan pembuat senjata yang dibentuk dari bahan dasar Iron Ore. Proses pembuatannya menggunakan item penempa bernama Mini Furnace. Untuk membuat 1 Iron dibutuhkan 1 Mini Furnace dan 1 Iron Ore, item penempa ini dijual di kamp Blacksmith di kanan bawah kota Geffen seharga 150z. Kebutuhan Mini Furnace ini diposisikan oleh para Blacksmith sebagai biaya modal. Selain Mini Furnace, biaya modal lain diperoleh dari bahan dasarnya sendiri, yaitu Iron Ore.

Di Ragnarok Online, ada 2 cara mendapatkan Iron Ore. Pertama, berharap dari item yang didrop oleh monster, sehingga biaya modal untuk pengadaannya kecil tapi kesempatan mendapatkan dalam jumlah besar pun juga sangat kecil. Kedua, membeli dari semua karakter non Merchant/Blacksmith di daerah yang rata-rata drop Iron Ore-nya besar seperti di Culvert/Selokan Bawah Tanah. Sama dengan mendapatkan bahan dasar untuk Mr.Smile, kamu cukup jongkok di suatu tempat dan membuka ruang chatting bertuliskan "Beli Iron Ore @150z." Ini adalah contoh, jadi harganya bisa variasi sesuai kondisi pasar Iron Ore saat itu. Keunggulan cara kedua, jumlah Iron Ore yang didapatkan sangat banyak (bisa sampe 1000 buah), namun modal yang diperlu-kan besar (1000 Iron Ore x 150z = 150000z).

Bila kamu memilih cara kedua, maka modal bertambah selain menyediakan zenny untuk Mini Furnace. Katakanlah kamu berniat mengolah 1000 Iron, maka modal yang diperlukan adalah:

Mini Furnace 1000 = 150 x 1000 = 150000z
Iron Ore 1000 = 150 x 1000 = 150000z
Total = 300000z

Ini adalah modal secara teori loh, karena seperti disebut di atas dunia game online bisa menyesuaikan dengan dunia kenyataan. Maka, hitung-hitungan modal di atas belum betul, karena kamu juga mesti memperhitungkan biaya tambahan yang berasal dari kegagalan. Untuk informasi saja, Forge Smith dengan DEX dan LUK maksimum belum menjamin keberhasilan 100% proses tempa. Untuk kasus ini, kita asumsi saja tingkat kegagalan rata-rata 30% (ini udah cukup besar koq!), jadi biaya yang ditambahkan menjadi:

Mini Furnace 1000 = 150 x 1000 = 150000z
Iron Ore 1000 = 150 x 1000 = 150000z
Sub Total = 300000z
Biaya Tambahan = 30% x 300000z = 90000z
Total = 390000z

Dengan biaya di atas, kamu udah memiliki 1000 Iron. Setelah itu, gunakan skill vending-mu untuk menjual semua Iron di pasar Morocc. Untuk informasi saja, titik termurah Iron di pasar Morocc adalah 800z per satuan, jadi asumsi kita mendapat hasil yang paling rendah adalah:

Iron 1000 = 800 x 1000 = 800000z

Maka hasil yang kamu dapatkan dari proses jual beli ini adalah:

Keuntungan = 800000z ­ 390000z = 410000z
Bagaimana? Sebagai catatan aja, perlakuan ini bisa didapat dalam 2 hari saja loh. Coba hitung dalam seminggu kamu mendapatkan berapa banyak?

Jual Beli Steel dan Batu elemen
Berbisnis Steel dan Batu elemen, resikonya jauh lebih besar daripada Iron, walaupun keuntungannya juga lebih besar. Masalahnya skill tempa Iron memiliki tingkatan yang lebih banyak dari Steel dan Batu elemen sehingga tingkat keberhasilan menempa Iron jauh lebih besar daripada Steel, coba aja kamu lihat di guide HG kemarin. Kebutuhan untuk membuat kedua bahan pembuat senjata ini pun juga berbeda, Steel membutuhkan 1 Mini Furnace + 5 Iron + 1 Coal, sementara batu elemen dibuat dari 10 bahan dasar elemen masing-masing + 1 Mini Furnace. Perhitungan modal dari pembuatan Iron di atas pun masih disertakan pada perhitungan modal Steel, berikut kegagalan-kegagalannya. Jadi untuk membuat 100
Steel kamu membutuhkan 500 Iron + 100 Mini Furnace + 100 Coal dengan 2 perhitungan, yaitu:

Menyediakan 500 Iron:
Mini Furnace 500 = 150 x 500 = 75000z
Iron Ore 500 = 150 x 500 = 75000z
SubTotal = 150000z
Biaya Tambahan = 30% x 150000z = 45000z
Total 500 Iron = 195000z

Menyediakan 100 Steel:
Coal di sini sangatlah mahal, dan tempat untuk menyediakannya hanya ada di Coal Mine (Mjolnir_02). Harga beli per satuan Coal sekitar 4000z, sehingga untuk menyediakan 100 Steel dibutuhkan:

Coal 100 = 4000 x 100 = 400000z
Mini Furnace 100 = 150 x 100 = 15000z
Biaya 500 Iron = 195000z
SubTotal = 610000z
Biaya Tambahan = 183000
Total = 610000 + 183000 = 793000z

Dengan biaya di atas, kamu udah memiliki 100 Steel. Setelah itu, gunakan skill vending-mu untuk menjual semua Steel di pasar Morocc. Untuk informasi saja, titik termurah Steel di pasar Morocc adalah 10000z per satuan, jadi asumsi kita mendapat hasil yang paling rendah adalah:

Steel 100 = 10000 x 100 = 1000000z
Maka hasil yang kamu dapatkan dari proses jual beli ini adalah:
Keuntungan = 1000000z ­ 793000z = 207000z

Catatan: Ini adalah 100 Steel, coba kalo kamu buat 1000 Steel sama kayak Iron? Berapa keuntungan yang kamu dapatkan? Tinggal kali 10 bukan? Jadi bisnis 1000 Steel lebih besar keuntungannya daripada 1000 Iron kan? Memang sih modal untuk berbisnis Steel jauh lebih besar. Jadi kalo zenny yang kamu miliki hanya dibawah 2 juta, HG sarankan kamu berbisnis Iron. Tapi kalo modal yang kamu miliki lebih dari 5 juta, kamu boleh jajal Steel atau elemen.

0 komentar: